Mewujudkan Masyarakat Desa Mangir yang Berakhlak Mulia, Aman dan Sejahtera

Potensi Desa



POTENSI DAN PERMASALAHAN DESA


A.   POTENSI

Secara umum, masyarakat Desa Mangir yang sebagian besar adalah masyarakat suku Using yang banyak memiliki keahlian di bidang seni dan budaya, maka potensi di bidang tersebut sangat menonjol. Sehingga banyak ditemukan kelompok–kelompok kesenian di Desa Mangir, baik kelompok Dewasa, Remaja, Anak–anak, bahkan kelompok anak usia dini. Karena itulah banyak warga yang berprestasi di bidang seni dan budaya.

1.   Kondisi Geografis
Desa Mangir terletak di daerah dataran rendah yang mempunyai luas + 498,985 Ha, yang terdiri dari lahan pertanian, dan selebihnya merupakan lahan–lahan yang lain.

2.   Perekonomian Desa
Secara umum masyarakat Desa Mangir sumber penghasilannya berasal dari sektor pertanian, perdagangan dan perburuhan. Sedangkan Pendapatan Asli Desa bertumpu pada swadaya HIPPA dan Tanah Kas Desa serta dari sedikit swadaya masyarakat.

3.   Sosial Budaya Desa
Penduduk Desa Mangir sampai saat ini berjumlah 5.645 jiwa yang mayoritas beragama Islam dan berbudaya seni Using. Diantara jumlah penduduk tersebut lebih kurang 60% termasuk Rumah Tangga Miskin dan bermata pencaharian buruh tani.

4.   Prasarana dan Sarana Desa
Keadaan prasarana Desa sampai saat ini memiliki ruas jalan sepanjang 5 Km, saluran irigasi sepanjang  8 Km, dan sarana prasarana pendukung lainnya.

5.   Pemerintahan secara  Umum
Sampai saat ini, pelayanan administrasi umum kepada masyarakat yang berkaitan dengan pelayanan kependudukan, perijinan, ketenteraman dan ketertiban umum berjalan lancer dan baik. Hal ini disebabkan tersedianya jumlah perangkat desa yang mumpuni dan memiliki tanggung jawab yang besar.

Berikut beberapa foto Potensi Desa Mangir :       
















B.   Permasalahan

1.   Perekonomian Desa
Secara umum pendapatan masyarakat Desa Mangir berasal dari sektor pertanian yang mayoritas sebagai buruh tani, dan perdagangan keliling. Mereka pada umumnya terkendala dengan pendapatan yang masih rendah.

2.   Sosial Budaya Desa
Penduduk Desa Mangir yang berjumlah 5.645 jiwa ini tingkat kesadaran terhadap kesehatannya masih sangat rendah. Sedangkan dalam bidang seni budaya masih belum ada wadah yang memadai.

3.   Prasarana dan Sarana Desa

Keadaan prasarana yang sampai saat ini masih ada kendala yang sangat memerlukan perhatian serius yaitu di jalan raya depan SPBU Mangir yang selalu tergenang air disaat musim hujan dan selalu mengakibatkan banjir yang selalu mengganggu lalu lintas. Selain itu, masih ada beberapa ruas jalan yang perlu perbaikan dan perawatan yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar